Terkendala Dana Perkembangan Robot di Indonesia – Dr. Ir. Wahidin Wahab M.Sc., seorang pakar robotika, mengungkapkan bahwa meskipun pengetahuan robotika di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain, namun penelitian robot di velvetmedia.id Indonesia masih terkendala dana terutama dalam pembuatan perangkat keras.

Dalam pengembangan robot humanoid Nao yang diproduksi Perancis, biaya pembuatannya bahkan bisa mencapai dua kali lipat harga jual robot tersebut. Namun, sebagai alternatif, Wahidin menyarankan agar aspek-aspek lain dalam dunia robotika seperti pengembangan algoritma dapat dikembangkan terlebih dahulu.

Hal ini dimaksudkan agar ketika dana mencukupi untuk pembelian perangkat keras, pengembangan lainnya sudah dapat dilakukan. Selain itu, Wahidin juga melihat bahwa robotika dapat menjadi media untuk memacu penguasaan teknologi seperti mesin, elektronika, dan komputer.

Baca juga: 7 Cara Sederhana untuk Buktikan Bahwa Bentuk Bumi Itu Bulat

Meskipun dalam lima tahun terakhir, robotika Indonesia telah mengalami kemajuan yang pesat terlihat dari semakin banyaknya kompetisi pembuatan robot yang dimenangi oleh peserta dari Indonesia, namun masih terdapat keterbatasan dalam hal kualitas robot yang dibuat. Oleh karena itu, Wahidin sedang mengumpulkan para pakar, dosen, dan penggemar robotika dalam Asosiasi Robotika Indonesia yang diharapkan dapat mendorong kemajuan robotika di Indonesia.

Dalam upaya untuk mengembangkan sains dan teknologi di Indonesia, Wahidin menilai bahwa robotika dapat menjadi salah satu bidang yang dapat dimajukan. Harapannya, dalam 5-10 tahun ke depan, teknologi Indonesia dapat lebih maju dengan kemajuan di bidang robotika.