5 Makanan Asli Indonesia yang Mendunia

Berbagai dan beraneka ragam kuliner di Indonesia ternyata dapat membuat rasa rindu dilidah penikmatnya, bukan hanya orang Indonesia sendiri yang merasakan kenikmatannya, tetapi mampu menarik perhatian mancanegara karena kenikmatan kuliner asli Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi, budaya dan kulinernya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing-masing.


1. Gado-gado

Gado-Gado adalah Kuliner asli Indonesia khas Jawa berupa sayur sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu. Gado-gado yang dapat dimakan seperti salad ini memang cukup sederhana. Perlombaan memasak internasional di Napoli pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado-gado bukan sembarang makanan.


2. Rendang

Rendang makanan khas indonesia yang berasal dari Padang Sumatera Barat. Rendang dibuat dari daging yang bercita rasa pedas, bumbunya menggunakan dari campuran berbagai bumbu serta rempah-rempah asli indonesia. Rendang bahkan menjadi menu Makanan favorite di sebuah hotel di Jerman dalam rangka festival kuliner masakan asli Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia Jerman. Rendang ini dinobatkan sebagai salah satu makanan khas indonesia yang mendunia.


3. Sop Buntut

Sop Buntut adalah Makanan Indonesia yang mendunia, terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng. sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar republik Indonesia di Madrid Spanyol. Salah satu menunya adalah sop buntut. Chef asal Indonesia menyajikan berbagai makanan khas Indonesia disini. Setidaknya terdapat 300’an orang yang menikmati Menu yang disajikan dari Chef Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut. Sop Buntut akhirnya dianggap sebagai kuliner khas indonesia yang mendunia.

4. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh juga menggugah cita rasa di Jerman, di Jerman ada satu restoran yang menyajikan masakan Indonesia juga lho. Restoran Cita Rasa Hamburg merupakan restoran Indonesia yang sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu. Restoran ini mengangkat menu nusantara mulai dari gule, lodeh, bakso, sampai es teller. Lodeh menjadi makanan favorit di Jerman [imagesource]Dan hebatnya koki yang memasak semua makanan Indonesia ini ternyata bukan orang Indonesia asli, melainkan orang Turki yang sudah bekerja selama 4 tahun di restoran ini. Pelayan yang bekerja pun kebanyakan bukan dari Indonesia, namun mereka mampu berbicara bahasa Indonesia saat melayani pelanggan. Cita rasa Indonesia yang disajikan harus dipelajari koki Turki ini dengan sungguh-sungguh sebelum akhirnya berhasil bekerja di sini.


5. Pempek

Pempek Megaria awalnya hanya dipasarkan dari rumah ke rumah, namun karena pemintaan yang terus meningkat, Rudianto memutuskan untuk membuka warung. Ketenaran yang dimiliki Pempek Megaria ini bahkan sampai ke luar negeri. Banyak pelancong dari Yunani, Belgia, Irlandia, Australia dan Negara lain yang memesan khusus sebagai oleh-oleh. Salah satu pelanggan tetap dari Belanda mengaku membeli dengan jumlah banyak untuk dijual kembali di negeri kincir angin ini lho. Makanan khas Palembang, Pempek memang jadi jajanan favorit di Indonesia.


Kelezatan kuliner ini ternyata tidak hanya dicintai oleh masyarakat asli Indonesia, namun sampai ke luar negeri. Makanan lezat ini nyatanya telah banyak dijajakan di dunia. Bahkan banyak wisatawan asing yang merasa jatuh cinta dengan kuliner Indonesia.


#velvetmedia #kuliner #indonesia #lezat #mancanegara #terkenal #nikmat #gadogado #rendang #sopbuntut #sayurlodeh #mpekmpek #addicted #famous #vegetable #meat

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white