5 Restoran Berkualitas Michelin Star di Indonesia yang Wajib Dicoba


Dalam film Burn yang dibintangi oleh Bradley Cooper, Anda bisa melihat bahwa kualitas restoran Michelin Star tak hanya bisa dinikmati dari rasa sajiannya. Tapi juga tercermin dari kualitas pelayanan, teknik memasak, serta kebersihan di dapur. Dapat dipastikan bahwa dapur restoran Michellin Star selalu dalam keadaan bersih dan tertata. Jadi Anda tak akan menemukan kompor gas kotor, bak cuci piring lengket, ataupun alat masak yang berantakan.


Anda boleh bangga, karena saat ini di Indonesia sudah ada restoran berkualitas Michelin Star yang menyajikan hidangan yang dibuat dari perpaduan bahan impor dan lokal terbaik. Walaupun belum secara resmi mendapat penghargaan dari Michelin, tapi restoran ini sudah bisa dibilang kualitasnya hampir sama.


1. Mozaic – Multi Award Restoran Michelin Star

Restoran Michelin Star yang terletak di Ubud, Bali ini punya nama lengkap Mozaic Restaurant, Lounge, Workshop & Catering Gastronomiques. Digawangi oleh chef berdarah Perancis – Amerika, Chris Salans, restoran ini menawarkan resep makanan dari bali yang dibuat dengan teknik memasak ala Perancis.


Berkat kualitasnya, restoran ini dinobatkan sebagai Best Asian Restaurant of The Year 2017, menjadi restoran pertama di Asia Tenggara yang menjadi bagian dari Traditions et Qualite – Les Grandes Tables Du Monde (The Grand Tables of the World), serta jadi salah satu tempat terbaik di dunia versi San Pellegrino Guide.


2. Merah Putih

Restoran Michelin Star yang diberi nama seperti warna bendera Indonesia ini banyak dipuji karena desain interior bernuansa tropis yang berkelas. Lengkap dengan deretan pohon palem di bagian dalamnya. Kelezatan sempurna dari menu tradisional serta menu interpretasi modern dari aneka makanan Indonesia, tak heran kalau restoran di Badung, Bali ini jadi favorit para penikmat kuliner domestik dan internasional.


Salah satu menu yang wajib Anda coba adalah Ayam Taliwang Bakar, Babi Guling, dan Balinese Yellowfin Tuna. Jika Anda tidak bisa memakan makanan pedas, ingat untuk minta dipisahkan sambal kluwak dan sereh yang biasa disajikan bersama. Nah, kalau belum sempat berkunjung ke Bali, bisa dicoba membuatnya sendiri di rumah dengan alat rumah tangga yang ada.


3. Teatro Gastroteque

Nama restoran butik dengan konsep fine dining yang berlokasi di Seminyak, Bali ini bisa diartikan sebagai teater tempat mencurahkan passion dan kecintaan memasak. Dengan kehadiran Mandif M. Warokka, seorang chef kelahiran Papua yang pernah menjadi Best Chef in Bali 2011 dan rutin diundang menjadi chef tamu di beberapa restoran Michelin Star di Eropa, Teatro memang diarahkan untuk memenuhi kualitas Michelin Star.


Ditemani Maxie Millian, co-founder sekaligus executive chef, Teatro Gastroteque memberikan pengalaman makan unik yang memadukan hidangan Perancis dengan sentuhan Asia. Yang menarik juga, setiap bulannya, Teatro Gastroteque menghadirkan menu baru agar dapat memikat konsumen setianya.


4. Locavore

Pada tahun 2013, Eelke Plasmeijer dan Ray Adriansyah, mendirikan Locavore dengan bekerjasama dengan petani, peternak, dan pelayan lokal. Kolaborasi dengan produsen sayuran dan daging memberikan Locavore kemudahan untuk mendapatkan bahan baku dengan kesegaran dan kualitas terbaik. Bahan baku terbaik dipadukan dengan teknik memasak modern dari Eropa, berhasil menghadirkan citarasa hidangan yang autentik. 


Selain hidangan dengan racikan unik dari bahan dan bumbu lokal yang disajikan dengan presentasi yang sangat indah, konsep eco-friendly dan sustainable dari restoran Locavore juga menjadi faktor yang menjadikan restoran ini layak diganjar Michelin Star.


5. Tim Ho Wan

Ragu makan di restoran berkualitas Michelin Star karena harganya yang selangit? Anda harus kenalan dulu dengan Tim Ho Wan. Restoran dim sum asal Hong Kong yang dinobatkan sebagai restoran Michellin Star yang harganya paling terjangkau. Buktinya, hanya dengan merogoh kocek mulai dari Rp. 26.000, Anda sudah bisa mencicipi menu bakpao isi, kue lobak goreng, bolu kukus, dan cheong fun dari Tim Ho Wan.


Restoran berkualitas Michellin Star yang digawangi oleh chef Mak Pui Gor dan Leung Fai Keung ini sekarang sudah punya cabang di Pantai Indah Kapuk dan Grand Indonesia. Tak perlu khawatir, restoran ini juga menyajikan variasi menu halal untuk menyesuaikan dengan penduduk Indonesia yang mayoritas muslim.


#VelvetNews #VelvetFnB

#Michellinstar #restaurant #food


Artikel disadur dari hock.id

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

Copyright © 2020 Velvet. All Right Reserved. Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white