• Adjie

Batik Music Festival 2019: Konser Musik Perayaan Hari Batik Nasional



Velvetmedia.id – Batik Music Festival merupakan suguhan konser musik bertaraf Internasional yang kali pertama diadakan pada tahun 2019 ini di Komplek Candi Prambanan. Bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Rajawali Indonesia berhasil mengadakan acara ini pada Sabtu, 5 Oktober 2019 dengan menampilkan dua musisi ternama, yaitu David Foster dari mancanegara dan Yovie Widianto dari Tanah Air.


Perhelatan festival musik ini diadakan dalam rangka memperingati Haro Batik Nasional. Dalam acara ini, David Foster tampil dengan format David Foster & Friends, David akan tampil bersama dengan Kenny “Babyface” Edmonds, Katherine McPhee, Pia Toscano, Yuna dan Nick Zavior. Hal yang sama pun dilakukan oleh Yovie Widianto, dalam konsernya sang maestro tampil dengan format Yovie & His Friends dan melakukan kolaborasi bersama Kahitna, BCL, Raisa, Rio Febrian, Marcell, 5 Romeo dan Arsy Widianto.



“Festival ini merupakan sebuah bentuk apresiasi nyata akan warisan nenek moyang masih terjaga sampai sekarang, yaitu batik. Batik memang sudah sangat tersohor ke banyak negeri di dunia, namun dengan cara kolaborasi dari tiga mahakarya ini (Batik, Candi Prambanan & Musik) akan menjadi cara yang sangat tepat untuk mempromosikan batik secara lebih luas lagi melalui sebuah gelaran musik”. Ungkap Anas.


Founder Batik Music Festival, Anas Syahrul Alimi menjelasakan festival yang baru pertama kali diselenggarakan ini, berlangsung meriah dan menyenangkan. Karena, beliau dapat menyaksikan secara langsung, antusias masyarakat Indonesia dari berbagai generasi datang ke suatu acara konser musik menggunakan batik yang merupakan warisan budaya Nusantara. Anas menambahkan festival ini akan terus berlanjut dan akan menjadikan festival ini sebagai konser musik bertaraf Internasioal tahunan.


“Alhamdulillah ini adalah kali pertama untuk Batik Music Festival diselenggarakan. Target kita kemarin sekitar 6.000-an penonton yang akan hadir di sini, tapi ternyata lebih. Dari penonton yang menyaksikan pertunjukan di panggung Festival Show dan Spesial Show, kami total seluruhnya berjumlah 9.100 orang. Ini di luar dugaan dan sangat mengejutkan. Saya kira ketika kita menetapkan dresscode batik orang tidak akan peduli. Ternyata tadi kita lihat lebih dari 90% penonton yang hadir di sini menggunakan batik,” tegas Anas.



Edy Setijono selaku Co Promotor Batik Music Festival sekaligus direktur utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko memaparkan, musik merupakan suatu cara efektif untuk memperkenalkan warisan budaya bangsa kepada masyarakat luas. Edy juga mengatakan, secara tidak disadari musik telah menggiring masyarakat untuk belajar dan memahami lebih tentang batuk dan situs bersejarah. Masyarakat tidak hanya terhibur , namun juga mendapat nilai edukasi.


“Mungkin ini akan menjadi momen pertama di mana Candi Prambanan akan diserbu oleh ribuan orang yang menggunakan batik. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang sangat membanggakan, karena masyarakat masih sangat peduli akan warisan budaya yang diwariskan oleh nenek moyangnya. Semoga festival ini akan menjadi suara yang indah dan terdengar oleh masyarakat dunia, sehingga mereka pun bisa lebih tertarik lagi untuk mengenal bangsa ini,” jelas Edy.


#VelvetMedia #VelvetNews #VelvetMusic #Music #Concert #Festival #BatikMusicFestival2019 #DavidFoster #YovieWidianto #Batik #CandiPrambanan #Yogyakarta #International #Budaya #Indonesia

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

Copyright © 2020 Velvet. All Right Reserved. Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white