Bukalapak Dikabarkan Pailit, Begini Faktanya


VelvetMedia.id – Era modern ini, perkembangan aplikasi di smartphone dalam bidang e-commerce semakin pesat. Sebut saja Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia.


Salah satu startup, yakni Bukalapak diisukan mengalami kebangkrutan. Padahal Bukalapak menjadi salah satu dari 7 startup yang sudah mencapai status Unicorn. Berbagai spekulasi bermunculan mengenai isu bangkrutnya startup berstatus unicorn tersebut.


Lalu apa saja fakta dibalik isu bangkrutnya Bukalapak? Berikut VelvetMedia.id rangkum dari berbagai sumber mengenai hal tersebut


Cuitan CEO Bukalapak di Media Sosial


Sekitar bulan februari 2019, jagat media sosial Twitter dihebohkan dengan cuitan Zaky selaku CEO Bukalapak mengenai “Presiden Baru”. Beliau menyinggung anggaran dana R&D yang sangat minim dengan angka US$ 2 Miliar, sedangkan US menyediakan anggaran R&D sebesat US$ 511 milliar disusul China dengan US$ 451 milliar. Akibatnya netizen berbondong-bondong menyerukan tagar #uninstallBukalapak dan menjadi trending topic. Netizen kemudian membahas perbuatan Presiden Jokowi yang memuji Bukalapak sebagai startup berstatus unicorn 2016 silam tetapi Zaky selaku CEO Bukalapak malah menyindir tentang dana anggaran tersebut. Mulai dari permasalahan ini, netizen akhirnya menganggap isu bangkrutnya Bukalapak sebagai karma.


PHK Masal Karyawan Bukalapak


Kabar PHK masal karyawan bukalapak santer terdengar berapa hari terakhir. Pihak Bukalapak mengklaim alasan dari PHK masal tersebut guna restrukturasi yang menurut mereka sudah lazim bagi perusahaan manapun. Tujuan dari restrukturasi tersebut guna mendukung implementasi strategi bisnis.


Aplikasi Bukalapak Hilang Dari Google Play Store


Beberapa hari belakangan, aplikasi Bukapalak mengalami gangguan bagi user Android. Aplikasi e-commerce tersebut saat ini tidak dapat diunduh melalui Google PlayStore. Intan Wibisono selaku Head Of Corporate Communication Bukalapak membenarklan dan memastikan gangguan ini hanya sebatas di aplikasi, tetapi aktivitas e-commerce Bukalapak tetap berjalan lancar. Sementara bagi user iOs, aplikasi Bukalapak masih dapat ditemukan dalam kolom pencarian AppStore.


Nah itulah fakta dari kabar bangkrutnya Bukalapak. Kabar tersebut sejatinya masih belum jelas kebenarannya, karena pihak Bukalapak nya pun menanggapi kabar tersebut dengan ketiga fakta di atas.


#VelvetNews #VelvetMedia #Lifestyle #ECommerce #Startup #Bukalapak #Unicorn #Bangkrut #PlayStore #AppStore

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

Copyright © 2020 Velvet. All Right Reserved. Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white