• Adjie

Eksistensi Genre Musik Hardstyle Di Indonesia



VelvetMedia.id – Hardstyle merupakan genre musik elektronik yang sedang berkembang di Indonesia, namun masih banyak yang belum mengenal jenis musik ini. Salah satu bukti minat masyarakat akan jenis musik ini, yaitu dengan munculnya komunitas Hardstyle Indonesia.


Sebelum menyelam lebih dalam mengenai jenis musik ini, Anda perlu tahu apa sih sebenarnya musik Hardstyle tersebut? Hardstyle adalah salah satu genre musik elektronik yang memiliki tempo 150 BPM (Beats Per Minutes) atau jumlah ketukan per-menit yang dipengaruhi oleh hardcore dan style dan hardsyle berada di antara keduanya.


Bagaimana perkembangan hardstyle di Indonesia? Beberapa waktu lalu, VelvetMedia menemui komunitas pecinta musik hardstyle di Indonesia, berikut rangkumannya.


1. Terbentuknya Komunitas Hardstyle Battalion dan Hardstyle Indonesia.



Hardstyle Battalion merupakan pioneer dari musik hardstyle di Indonesia yang telah membawa genre musik ini dari Australia ke Indonesia sejak tahun 2009. Mereka merupakan kumpulan orang Indonesia yang mengenyam pendidikan di Australia dan membentuk Hardstyle Battalion (management hardstyle DJ) di Indonesia.



“Cerita singkatnya Batallion tuh tahun 2009, kebetulan sekolah di Ausie dan bawa hardstyle ke Indo. Temen-temen Ausie pulang ke Jakarta dan bawa hardstyle ke Indo,” kata DJ Arif salah satu DJ di Hardstyle Battalion saat ditemui VelvetMedia.id di Hexaground, Mixology Bar, Pantai Indah Kapuk, Jumat, 11 Oktober 2019.


Selain Hardstyle Battalion, di Indonesia juga masih ada komunitas pecinta musik hardstyle, salah satu contohnya Hardstyle Indonesia. Komunitas tersebut telah terbentuk sejak bulan Desember 2015. Terbentuknya komunitas tersebut juga ada campur tangan pihak Hardstyle Battalion sebagai pioneer hardstyle di Indonesia. Adit sebagai salah satu anggota komunitas tersebut menjelaskan bagaimana proses terbentuknya komunitas hardstyle Indonesia dengan mengikuti event-event dari tahun ke tahun.


“Kita ketemu dengan temen-temen dari Hardstyle Battalion yang dimana mereka adalah the first of pioneer hardstyle music in Indonesia, gue dan temen-temen Battalion terus kembangin musik hardstyle di Indo melalui event-event dari tahun 2011-2014,” jelas Adit dari Komunitas Hardstyle Indonesia saat ditemui VelvetMedia.id di Hexaground, Mixology Bar, Pantai Indah Kapuk, Jumat, 11 Oktober 2019.



“Finally, 2015 salah satu festival besar di Asia (Djakarta Warehouse Project) bawa DJ hardstyle untuk pertama kalinya, yaitu Headhunterz, dari situ kita ketemu dan nambah banyak temen yang suka musik hardstyle, jadi kalo ditanya kapan hardstyle Indonesia berdiri ya pada bulan Desember 2015,” tambah Adit.


2. Belajar Musik Hardstyle Secara Autodidak



Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana sesorang bisa membuat musik jadi begitu indah dan enak didengar dan digandrungi pecintanya, salah satunya genre musik hardstyle ini. Mengusung tema keras, cepat dan kencang, genre musik ini tentu sulit untuk ditaklukan bagi sebagian orang. Lain halnya dengan DJ yang tergabung dalam Hardstyle Battalion yang mengaku belajar hardstyle secara autodidak atau belajar sendiri.


“Belajar sendiri, banyak denger lagu hard gitu, biasanya dengerin noisecontroller, Malice raw, technoboy, TNT, Showtek (the old Showtek ya tapi), wildstylez dan masih banyak lagi,” pungkas DJ Arif saat ditemui VelvetMedia.id di Hexaground, Mixology Bar, PIK, Jumat, 11 Oktober 2019.



Hal serupa juga disampaikan oleh Arif sebagai salah satu anggota komunitas Hardstyle Indonesia, bahwa ia belajar secara autodidak mengenai musik hardstyle tersebut.

“Kebanyakan sih belajar sendiri ya dan DJ Hardstyle disini biasanya juga suka liat-liat YouTube, SoundCloud dan social media lainnya untuk support steps mereka as a DJ,” tambah Adit saat ditemui VelvetMedia.id di Hexaground, Mixology Bar, PIK, Jumat, 11 Oktober 2019.


3. Alasan Suka Dengan Hardstyle



Apabila seseorang memiliki hobi atau antusias terhadap sesuatu pasti ada alasan dibaliknya. Sama dengan genre musik hardstyle ini, DJ dan komunitas pecintanya punya alasan kenapa sampai bisa suka dengan genre tersebut.


“Karena beatnya power, susah dijelasinnya sih, lebih energic, lebih bakar semanga gitu pas nge-DJ,” ujar DJ Arif dari Hardstyle Batllion.


“Gue pribadi suka hardstyle karena power banget musiknya, mulai dari kick bass, melody, sampe setiap komponen dari musik hardstyle ini punya ciri khas ynag beda dengan genre musik lainnya. Gue udag temuin banyak genre musik dari EDM, but my passion was born in hardsty;e,” tambah Adit dari komunitas Hardstyle Indonesia.


4. Hadiri Event dan Festival Musik Untuk Lebarkan Sayap Hardstyle di Indonesia



Event atau festival musik memang merupakan sebuah pengalaman seru bagi sebagian besar orang. Berbagai pengalaman seru dan tak terlupakan dapat Anda jumpai apabila menghadiri konser atau festival musik, salah satunya lebih banyak pengetahuan akan musik. Hak tersebut juga yang dilakukan oleh komunitas hardstyle Indonesia dalam misinya memperkenalkan jenis musik hardstyle di Indonesia. Event dan festival musik dari tahun ke tahun tidak luput dari list­-nya, mulai yang bertaraf nasional hingga internasional telah diikuti komunitas tersebut.



“Kita ikut dong festival tersebut, ya itu yang paling hype pas tahun 2015 salah satu festival besar di Asia (Djakarta Warehouse Project) bawa DJ hardstyle untuk pertama kalinya, yaitu Headhunterz, dari situ kita ketemu dan nambah banyak temen yang suka musik hardstyle,” jelas Adit dari komunitas Hardstyle Indonesia.


SELENGKAPNYA BACA DI SINI!


5. Kesan dan Pesan Tentang Musik Hardstyle



The last but not least, VelvetMedia.id telah merangkum kesan salah satu anggota komunitas Hardstyle Indonesia selama gabung dalam komunitas tersebut dan pesan dari komunitas Hardstyle Indonesia bagi Anda yang tertarik dengan genre musik ini. Kesan yang diutarakan Adit menggambarkan benefit link pertemanan yang luas hingga ke mancanegara apabila bergabung dengan komunitas tersebut. Sementara, pesan dari komunitas Hardstyle Indonesia yang tertarik untuk dengan genre musik hardstyle bisa cari tahu lewat official account social media mereka.


“Kesannya, sejauh ini gue suka hardstyle banyak hal baru yang positif gue dapet seperti dapet temen baru di Indo or luar Negeri (so, kalo next ada event hardstyle di luar Indo lo bisa join sama temen-temen hardstyle family diluar sana), gue ngalamin itu sampai sekarang,” Jelas Adit saat ditemui VelvetMedia,id di Hexaground, Mixology, PIK, Jumat, 11 Oktober 2019.



“Pesannya, buat kalian yang suka hardstyle dan pengen tahu hardstyle Indo kayak apa, langsung aja gabung ke social media kita,” tambahnya.


Untuk jumlah member komunitas Hardstyle Indonesia dan Hardstyle Batallion yang tergabung dalam grup Line sudah mencapai 150 orang, kalau melihat dari jumlah followers di social media mereka sudah mencapai ribuan likers (based on Facebook) dan ratusan followers di Instagram. Anggota mereka bukan hanya berasal dari Jakarta, melainkan seluruh Indonesia bahkan yang kuliah di luar negeri pun ikut bergabung dalam komunitas tersebut karena mereka mencintai genre musik yang sama.


Nah, bagi Anda yang tertarik dengan genre musik ini mending langsung follow deh social media mereka biar update terus acara-acara seru mereka nantinya, list-nya di bawah ini ya.


Facebook : Hardstyle Battalion & Hardstyle Indonesia

Instagram : @hardstylebatallion & hardstyleindonesia

Twitter : hardstyle_indo


#VelvetMedia #VelvetNews #VelvetMusic #Genre #Music #Hardstyle #HardstyleIndonesia #HardstyleBattalion #Beats #Noicecontroller #MaliceRaw #Technoboy #TNT #Showtek #Wildstylez #DWP2015 #Headhunterz #DjakartaWarehouseProject

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white