Hasil dari Paranoia Awards 2018


Sebagai program yang fokus membahas dance party, dance industry dan dance culture mulai dari lokal, regional hingga internasional, Paranoia a.k.a Party at No Limitation berkomitmen untuk terus memajukan electronic dance music (EDM) industry di Tanah Air. Tahun ini, Paranoia Awards 2018 kembali digelar sebagai ajang eksistensi dan apresiasi bagi semua pihak yang punya komitmen dan kecintaan terhadap dance music di Indonesia.

Paranoia Awards 2018 ini merupakan edisi ke 15. Visi untuk memajukan industri dance music di Indonesia, diwujudkan oleh Hardrock FM dalam Paranoia Awards 2018 yang mengambil tema Dance, Party, Unity.


Sederet nama besar musisi EDM Indonesia tampil memainkan mix tape mereka dalam acara yang berlangsung di The Pallas, Jakarta, Rabu (7/11). Beberapa di antaranya Dipha Barus, Weird Genius, Jevin Julian, Cyda, Roni Joni, hingga Fun on A Weekend.

Paranoia Awards sebagai The Most Prestigious Dance Scene Awards In Indonesia bukanlah sebuah kontes popularitas. Pemenang Paranoia Awards ditentukan dengan melibatkan dewan juri yang kompeten di dance music industry Tanah Air. Mulai dari DJ Senior, MC, Nightlife Photographer & Nightlife Media. Juri – juri ini berperan sejak penentuan nominasi semua kategori di Paranoia Awards.


Dalam Paranoia Awards 2018, sejak fase submission pada tanggal 1 – 31 Agustus 2018 yang lalu, terhitung ada 200 lebih nominasi yang masuk dan bersaing untuk menjadi yang terbaik di 25 kategori. Dari submission tersebut, Hard Rock FM kemudian melakukan voting pada 1 – 25 Oktober 2018 untuk menentukan siapa nominasi 3 terbaik di masing-masing kategori. Hingga penutupan voting, tidak kurang dari 10 ribu vote mengalir ke berbagai nominasi. Selanjutnya, dewan juri kemudian menentukan 1 pemenang terbaik (The Best) di setiap kategori berdasarkan berbagai pertimbangan.



Umumnya, penjurian akan melakukan kroscek seputar eksistensi, konsistensi dan kontribusi selama satu tahun belakangan, kualitas gigs seorang DJ, MC, VJ, maupun event, serta pertimbangan lainnya. Paranoia Awards juga memberikan Milestone Achievement Awards untuk satu insan atau institusi yang sepanjang kariernya memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri dance music Indonesia.


Tema Dance, Party, Unity di Paranoia Awards 2018 juga yang akan menjadi topik besar on air Paranoia sepanjang tahun 2019 nanti. “Kita ini dalam satu payung besar dance industry Indonesia, yang ingin terus berkembang dengan berbagai party dan jogedan yang cool & asik. Satu – satunya cara, ya kita harus bersatu dan meninggalkan politic of dancing yang kurang sehat sekarang ini,” tambah Soenan Silalahi, Producer Paranoia.


Beberapa nama DJ papan atas Tanah Air berhasil meraih penghargaan di Paranoia Awards 2018. Salah satunya ialah Dipha Barus yang dinobatkan sebagai DJ of The Year 2018. Dia berhasil menyisihkan nama – nama besar lainnya seperti Attila Syah, Claudia Jaramillo, DJ WW dan DJ Yasmin. Perasaan Dipha Barus campur aduk ketika namanya keluar sebagai juara.


“Terima kasih semuanya. Saya sangat bangga dan senang. Ini buat kalian teman-teman. Sebenarnya saya bingung mau ngomong apa. But, this is for you guys. Thank you so much for Iceperience.ID dan semua pelaku electronic dance music (EDM) yang ada di sini. Juga para DJ di luar sana. Semoga electronic dance music tetap jadi musik nomor satu di Indonesia,” ujar Dipha Barus sambal memegang trophy kemenangan.


Di mata Dipha Barus, Paranoia Awards 2018 bisa menjadi motivasi bagi seluruh elemen dance musik di Tanah Air untuk bisa menghasilkan karya yang lebih baik sehingga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Tak hanya Dipha Barus, DJ Riri juga meraih penghargaan bergengsi yakni Lifetime Achievement Award sebagai hasil dari dedikasinya di industri musik dance di Tanah Air.


Menariknya lagi, salah satu hal yang paling ditunggu dari penyelenggaraan program Paranoia Awards 2018 kali ini adalah reward kepada lucky voters, yaitu mereka yang ikut serta memberikan suara dalam pemilihan nominasi. Tahun ini reward berupa Galaxy Note 9 dan juga voucher belanja senilai jutaan rupiah.


Menilik sejarahnya, program Paranoia pertama mengudara pada 6 Juli 2001 dengan MC Q & DJ Noxx yang menjadi icon sekaligus trendsetter di scene party Jakarta pada saat itu. Ide awal memunculkan awards mulai digagas pada 2003 dengan memilih sendiri best party serta DJ & Party paling iconic secara on air.


Nama Paranoia Awards kemudian mulai resmi digunakan pada tahun 2004 dengan memberikan penghargaan di beberapa kategori party berdasarkan genre, seperti Best Drum & Bass Night, Best R&B Night, Best Trance Night dan lain-lain dalam sebuah Awarding Night. Dari hanya penghargaan berdasarkan genre, akhirnya Paranoia Awards bertranformasi semakin luas dengan memberikan penghargaan kepada DJ, MC, VJ, Event & Club sejak edisi ketiga pada tahun 2006.


Jika awalnya hanya di regional Jakarta, pada Paranoia Awards 2010 cakupan nominasi mulai meluas ke sejumlah region lain yakni Bandung, Surabaya, & Bali tempat Hard Rock FM eksis. Kemudian pada 2016, Paranoia Awards melebarkan sayapnya hingga ke seluruh Indonesia dengan memunculkan nominasi dari Makassar, Lampung, Palembang, Lombok dan kota – kota besar lainnya.


1. NIGHTLIFE PHOTOGRAPHY OF THE YEAR : NAREEND

2. PODCAST DJ OF THE YEAR : TANTRA MIX BY TANTRA

3. CLUB NIGHT OF THE YEAR : ZEDD AT COLOSEUM

4. CLUB EO OF THE YEAR : DINEROS

5. RURAL CLUB OF THE YEAR : BOSCHE (from Yogyakarta)

6. BAR/LOUNGE OF THE YEAR : MIXOLOGY

7. SERIAL EVENT OF THE YEAR : SUNSET PEOPLE PROJECT

8. RURAL DJ OF THE YEAR : EDDIE TRIPLEKS (from Surabaya)

9. VISUAL ARTIST OF THE YEAR : RPTV

10. UPRISING MC OF THE YEAR : KYRIZ

11. EVENT OF THE YEAR : DJAKARTA WAREHOUSE PROJECT 2017

12. RESIDENT OF THE YEAR : HIZKIA FROM DRAGONFLY

13. TECHNO DJ OF THE YEAR : LATEX

14. DEEP AND TECH HOUSE OF THE YEAR : HERU K

15. DRUM/BASS DJ OF THE YEAR : MISTRAL

16. HOUSE DJ OF THE YEAR : CYDA

17. TRANCE DJ OF THE YEAR : RESTY

18. R&B/ HIP HOP OF THE YEAR : BIMA G

19. ELECTRO DJ OF THE YEAR : ECHA ANGGARA

20. UPRISING DJ OF THE YEAR : ARIEN CATHRINE

21. DUO/GRUP DJ OF THE YEAR : TANTRA

22. LOCAL DANCE TRACK OF THE YEAR : TRAPPIN' YOU

23. PRODUCER OF THE YEAR : FICKRY

24. CLUB OF THE YEAR : SKY GARDEN BALI

25. LIFETIME ACHIEVEMENT : RIRI

26. DJ OF THE YEAR : DIPHA BARUS


#VelvetNews #VelvetMusic #VelvetLifestyle

#djoftheyear #electronicmusic #edm #rnb #hiphop #music #musik #localheroes #bestdj #trance #rustyguitar #noonecanstopus #diphabarus #paranoiaawards2018 #hardrockfm #paranoiaawards #awardingnight #thepallas

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white