Ninda Felina, Musisi yang Peduli Dengan Bumi Kita

Updated: Dec 20, 2019


Bagaimana seorang mantan finalis miss Indonesia menjadi DJ dan sekaligus mencintai Bumi kita? Yap, kali ini Velvet figure memilih seorang wanita yang sangat berprestasi dalam hidupnya yaitu Ninda Felina. Wanita kelahiran bandung ini mempunyai perubahan karir dan kehidupan sehari-hari yang sangat menarik sehingga kita akan mengulasnya demi menginspirasi kalian. Penasran seperti apa? Yuk baca lebih lanjut.


Ninda Felina, dengan nama lengkap Ninda Felina Yusuf adalah seorang DJ sekaligus aktivis di kegiatan lingkungan Green Peace. Dia kelahiran bandung, tepatnya di tanggal 26 December. Karirnya diawali dengan menjadi seorang model. Mengikuti beberapa ajang beauty pageant dari teenager. Pada tahun 2004, dia sempat menjadi finalis Gadis Sampul dan terikat dengan model agency dibawah naungan Femina Group. Setelah itu, pada tahun 2007 dia sempat menjadi finalis Miss Indonesia! Hebat bukan?




Kira-kira beberapa bulan setelahnya, diawal tahun 2008 dia bertemu seorang teman yang mengenalkan turntable kepadanya. Disitulah titik banting stir dalam hidupnya untuk menjadi seorang DJ. Saat itu, dia merasakan keseruan dan technic untuk mixing satu lagu ke lagu yang lain dan akhirnya dia memutuskan untuk mendalami keseruan itu, tanpa disangka kalau keseruan itu menjadi profesinya hingga saat ini.


Awal karirnya sebagai DJ, dia bergabung dengan salah satu management DJ yaitu “Whitelands” dibawah naungan Ai Tumbuan. Disitu ia mendalami teknik DJ dan genre apa yang dia suka. Ternyata setelah berlatih dan mendalaminya, ia berkeputusan untuk memilih genre House & Techno. Dari ketika ia memilih, ia tahu bahwa genre itu adalah Niche Market (market yang cukup tergolong kaum idealis). Tapi, walaupun ia tahu bahwa perjuangannya akan berat, ia sudah siap untuk konsekwensi apa yang akan ia hadapi di masa depannya! “As long as i can create a good sounds and atmosphere, that’s dj-ing is all about”, kata Ninda. Sekarang, ia tergabung dengan management Locker Talent, dimana salah satu anak perusahaan dari Locker Group.


Setelah perjalanan karirnya yang cukup penuh perjuangan, akhirnya semua itu cukup terbayar dengan moment dimana ia sempat menjadi salah satu nominasi di Paranoia Awards sebagai Tech House & Techno DJ. Dan hebatnya, dalam 3 tahun berturut-turut loh (2015 – 2017)! Selain karirnya sebagai DJ, ia juga mulai mencoba produce lagu pada tahun 2015 dan akhirnya menghasilkan karya yang luar biasa berjudul “Heliophilia.” Check lagu-lagunya di SINI.



Yang menarik dari Ninda Felina, selain karirnya yang sangat hebat di DJ-ing, ia juga aktif berkegiatan sebagai volunteer di Green Peace dimulai pada tahun 2014. Green Peace adalah organisasi peduli lingkungan. Di organisasi itu, Ninda beberapa kali berkegiatan untuk masuk ke dalam hutan rimba; dimana ia belajar tentang sebab dan akibat kebakaran hutan, dan bahkan ia sempat menciptakan sebuah karya musik yang berasal dari elemen-elemen yang ada di hutan.



DJ dan Volunteering untuk organisasi lingkungan merupakan 2 hal yang sangat jauh berbeda, tapi ia tetap berkeputusan untuk join ke organisasi Green Peace dan menjadikan hal itu adalah alteregonya. Dia ingin mengubah suatu hal dalam hidupnya, agar hidupnya lebih penuh warna dengan hal tersebut dan pastinya, ia sangat ingin melakukan paling tidak 1 hal kecil dalam hidupnya yang berguna untuk bumi kita ini. Pada awalnya ketika ia sempat belajar tentang hancurnya hutan ketika kebakaran, ia merasa tidak bisa berbuat apa-apa dan sangat sedih, “Kenapa kita membiarkan hutan kita hancur begitu saja?”, kata Ninda. Karena kekhawatiran dan kesedihanya itulah ia berkeputusan untuk join organisasi Green Peace tersebut. Kesedihannya itu juga akhirnya menghasilkan sebuah karya bersama team Green Peace yang dikemas dalam sebuat dance track dengan tujuan mengajak masyarakat urban untuk mau peduli dan menjaga kelestarian hutan kita melalui musik dan visual.


Kesan Ninda terhadap dunia dance scene Indonesia adalah “industri yang mengharuskan kita untuk menjadi seorang yang UPDATE dengan musik nowadays, dan menjadi seorang yg produktif dengan gagasan atau pun karya yang bisa menarik perhatian publik. Sangat challenging pastinya! Membuat saya selalu bergagasan “bikin apalagi yaa sesuatu yg unik yg belum ada di sini?”. Jadi memang industri ini menuntut kita utk menjadi pribadi yg selalu kreatif”. Dan ia berpesan kepada publik “stay to the roots, and the rest will follow your step!”


Dalam hidupnya, Ninda Felina sangat mengagumi ibunya. Beliau mendidik Ninda untuk menjadi seorang wanita yang kuat dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya. Beliau membesarkan Ninda sebagai single mother sejak ayahnya meninggal disaat Ninda berumur 7 tahun, “She’s a single fighter, she’s strongest woman ever”. Dan lucunya, wanita cantik ini mengatakan ibunya adalah satu-satunya orang yang selalu memanggil dia cantik ketika dia merasa orang terjelek di dunia (lol).


Our time is now! Not the past, not the future. Keluar dari comfort zone dan coba lah hal baru dalam hidup. Live life to the fullest.

#VelvetNews #VelvetFigure #VelvetMusic

#NindaFelina #EDM #Indonesia #DJs #GreenPeace

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white