Osvaldo Nugroho, Ketika Passion Menjadi Result

Updated: Dec 20, 2019

Inilah salah satu DJ tanah air yang pernah perform di Ibiza, Osvaldo Ardiles Nugroho yang lebih dikenal sebagai Osvaldo Nugroho. Dia adalah seorang DJ dan Electronic Music Producer yang sangat handal berkelas Internasional. Kisah perjalanan karirnya yang sangat luar biasa, membuat kami mengulasnya dalam Velvet Figure.


Osvaldo Ardiles Nugroho DJ sekaligus Electronic Music Producer berkelas Internasional ini, pernah mengenyam pendidikan Bahasa Mandarin di Culture University, China. Tahun 2018 ini dia telah menginjak umur 38 tahun. Dia lahir di Parakan pada tanggal 21 November 1979. Osvaldo memiliki banyak cerita dalam perjalanan karirnya yang bisa sangat menginspirasi kalian.


Dimulai pada waktu ia masih sekolah di Singapore, Osvaldo sedang hangout di rumah seorang temannya yang memiliki alat DJ. Pada saat itu ia melihat alat tersebut, ia tertarik, dan “mencoba-coba”. Pada saat itulah Osvaldo menyentuh alat DJ pertama kali. Dari moment tersebut hingga pulang lagi ke Jakarta, dia mengakui bahwa dia belum menemukan jati dirinya atau tujuan hidup yang jelas; bahkan dia mengatakan dirinya “wasted dan banyak hal-hal negatif yang saya lakukan”. Titik balik dari kehidupannya dimulai dari akhir tahun 2002 ketika ia memberanikan dirinya membeli alat turntable sepasang dan saat itulah ia memutuskan untuk focus ke DJ-ing. “DJ saved mylife” katanya.


Ia mendapat panggilan Gigs pertamanya di daerah Kemang. “Rasanya grogi banget..” katanya tentang gigs pertama tersebut. Pada tahun 2004, Osvaldo dipanggil untuk perform di festival besar, yaitu “Jakarta Movement”. Kemudian pada tahun 2006, dia pindah ke Beijing untuk mengenyam pendidikan bahasa mandarin.


Selagi menjalani pendidikan bahasa mandarinnya, ia mendapat kesempatan perform di event-event di China. Disitu, dia mendapat banyak sekali pengalaman seperti main di club-club besar, beberapa club di Hongkong, dan club di Malaysia.


Karena networking dan skillnya yang semakin matang, dia juga belajar untuk memulai memproduksi lagu sendiri. Proses memproduksi sebuah lagu pada zaman itu tidaklah mudah, Osvaldo mendapat hambatan terutama diinformasi. Tidak seperti zaman sekarang yang sangat mudah mendapat informasi dari youtube atau sarana-sarana komunikasi dunia maya seperti sekarang. Setelah belajar dengan keterbatasan yang ada dan mencoba mengatasi permasalahan sendiri, akhirnya pada tahun 2008 Osvaldo berhasil merilis single pertamanya di bawah naungan Bonzai Record Belgium. Di tahun 2010, rilislah album pertamanya dibawah Platinum Records (Disctarra) yang berjudul “Escapade 001”, dan pada tahun 2013 rilis “Escapade 002”. Untuk mendengarkan lagu-lagunya, please visit HERE.

Ditahun 2013, ia menjadi resident DJ di Colosseum Club, Jakarta. Alasan ia menjadi resident adalah menurut Osvaldo semua DJ harus merasakan menjadi resident DJ karena disitu para DJ bisa belajar menggabungkan idealism dengan apa yang crowd mau. Bersama Colosseum, dia mendapat pengalaman yang tidak akan terlupakan, perform di club no 1 didunia yaitu Space, Ibiza. Yang kemudian ia memutuskan untuk berhenti menjadi resident DJ di Colosseum Club dan kembali berperang di jalur brand “Osvaldo Nugroho” sesuai cita-citanya pada tahun 2015.


Pada tahun 2017, dia dan teman-temanya seperti Miko, Riri Mestica, Angger Dimas membuat sebuah pergerakan yang bernama #LOKALITUKEREN, yang bertujuan untuk mengangkat producer-producer EDM di tanah air agar lebih percaya diri akan karyanya dan bangga menjadi orang Indonesia.


Dibalik karirnya yang sangat hebat, awalnya itu semua hanya sebagai hobi. Tetapi, ketika ia menekuninya, ternyata bisa menghasilkan dan ia juga mengatakan bahwa apabila kita menekuni passion kita dan memang percaya bahwa kita bisa, pasti passion tersebut akan berkembang dan bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan.



Kesan dan pesannya terhadap industry EDM di Indonesia adalah “Yang menjadi tantangan adalah kita harus selalu upgrade dan mengeluarkan ide-ide yang out of the box untuk bisa bertahan dari cepat nya regenerasi talent-talent dan banyak nya DJ yg bisa dibilang aji mumpung yg hanya mengikuti trend apalagi yg cuman modal tampang dan body”.


Ditengah kesibukannya, Osvaldo tetap menyempatkan waktunya untuk tetap membantu orang tuanya di bidang pekerjaan konstruksi. Apabila sedang ada kerjaan, dia terpaksa harus membagi waktunya dengan maksimal. Bahkan, dia mengatakan ada kalanya dia memproduce lagu di proyek konstruksi. Selain itu, Osvaldo sebentar lagi akan membuka DJ School yang bekerjasama dengan Fabari Music Education Center. Di institusi tersebut, ia akan jadi pengajarnya juga. Dia mengatakan bahwa itu akan menjadi sebuah pembelajaran baru yang sangat menarik untuk meng-upgrade dirinya.


Di samping pengalaman hidup dan karirnya yang sangat menarik, dibalik itu semua ia sangat menganggumi orang tuanya, karena ia tahu benar bagaimana orang tuanya berjuang dari bawah banget hingga sekarang; bahkan ia mengatakan ketika awal mereka pindah ke Jakarta, sempat hanya menjadi penjual singkong goreng di pinggir jalan.


Jangan pernah berhenti untuk belajar, karena di atas langit masih ada langit; dan juga jangan terlalu cepat pengen naik karena biasanya yang naiknya cepat akan turun dengan cepat juga. Karena, dia tidak akan siap untuk mempersiapkan fondasi yang kuat untuk menopang waktu di atas

#VelvetNews #VelvetFigure #VelvetMusic

#OsvaldoNugroho #EDM #Indonesia

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white