Radiohead Menggugat Lana Del Rey



Grup musik asal Inggris Radiohead menggugat penyanyi Lana Del Rey. Lana Del Ray, penyanyi berusia 32 tahun yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat itu, dituding meniru lagu hits mereka pada 1992 berjudul Creep.


Radiohead dikabarkan telah mengambil langkah hukum atas kesamaan antara lagu Creep dan "Get Free" milik Lana Del Rey. Dalam akun Twitternya, Lana Del Ray membenarkan gugatan Radiohead terhadap dirinya. “Benar tentang tuntutan hukum,” tulis wanita dengan nama lengkap Elizabeth Woolridge ‘Lizzy’ Grant itu.


Lana Del Rey juga mengatakan bahwa pihak Radiohead menginginkan 100 persen royalti dari lagunya tersebut. “Walaupun saya tahu lagu saya tidak terinspirasi dari Creep, Radiohead merasa seperti itu dan menginginkan 100 persen dari penerbitan lagu itu,” lanjutnya.


Lana mengatakan telah menawarkan lebih dari 40 persen royalti beberapa bulan sebelumnya namun Radiohead hanya mau menerima 100 persen. “Pengacara mereka tidak kenal ampun, jadi kami akan menghadapi mereka di pengadilan,” tuturnya seperti dikutip Independent.co.uk.


Radiohead sendiri pernah dituntut karena kemiripan lagu Creep dengan lagu The Air That I Breath yang dinyanyikan oleh The Hollie. Pihak Radiohead kemudian menuliskan co-credit untuk Albert Hammond dan Mike Hazelwood yang menulis lagu tersebut pada 1974 dalam debut album Radiohead ‘Pablo Honey’. Radiohead juga dilaporkan memberikan potongan royalti mereka kepada kedua penulis lagu tersebut. Namun kali ini, Radiohead meminta 100% royalti dari lagu "Get Free".


#VelvetNews #VelvetMusic #VelvetLifestyle

#LanaDelRey #Creep #Radiohead #Sue #GetFree


Artikel disadur dari today.line.me

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white