Selain Bikin Kaya, Racun Kalajengking Punya 5 Khasiat Ini


Kalajengking mendadak jadi buah bibir. Ini terutama sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkannya dalam pidatonya di acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional 2018 pada 30 April 2018 di Jakarta. Kata Jokowi saat itu, jika ingin menambah kekayaan, carilah dari racun kalajengking.

Jokowi bahkan menjelaskan jika harga racun kalajengking di dunia mencapai Rp145 miliar per liternya. Sebetulnya, apa manfaat dari racun kalajengking yang umumnya dianggap mematikan ini?


Dilansir dari Treatment Solutions, beberapa penelitian di dunia telah dilakukan terkait manfaat racun kalajengking. Salah satunya adalah sebagai obat penyakit rheumatiod arthritis. Berikut beberapa manfaat lain dari racun kalajengking.


1. Obat untuk Lupus

Gejala lupus adalah penyakit yang terkait dengan antibodi. Antibodi seharusnya menjaga tubuh dengan ‘menyerang’ berbagai penyakit dari luar, sehingga tubuh akan tetap sehat. Namun, pada pasien lupus, antibodi tersebut ‘menyerang’ diri sendiri. Dari kelainan ini, beberapa komplikasi dapat terjadi. Untuk mengobatinya, biasanya, pasien harus rutin minum obat dan kontrol ke dokter. Namun, saat ini racun kalajengking dianggap dapat bermanfaat sebagai obat lupus.


2. Pereda rasa sakit

Sudah ada penelitian awal yang menemukan bahwa bahan kimia yang berasal dari racun kalajengking dapat menjadi obat penghilang rasa sakit. Walaupun akan terasa pada jenis rasa sakit tertentu. Kuncinya adalah menentukan efek samping yang ditimbulkan. Kebanyakan obat baru yang muncul untuk penatalaksanaan nyeri sangat adiktif, sehingga berisiko menyebabkan wabah kecanduan akan obat tersebut. Oleh karena itu, para peneliti sangat berhati-hati tentang kemungkinan kecanduan racun kalajengking.


3. Mencegah kegagalan transplantasi jantung

Racun kalajengking juga dapat digunakan dalam operasi transplantasi jantung. Operasi ini sering dilakukan pada pasien dengan riwayat penyakit jantung. Kegunaan racun dalam transplantasi jantung adalah untuk mengurangi risiko kegagalan ketika transplantasi sedang dilakukan.


4. Menjadi pestisida alami

Racun kalajengking juga bisa digunakan sebagai pestisida alami. Bahkan, pestisida dari racun kalajengking dianggap lebih ramah lingkungan dibanding pestisida kimia buatan pabrik. Bagaimana bisa? Karena mengandung racun, pestisida yang terbuat dari racun kalajengking akan mematikan semua jenis hama di tanaman.


5. Mencegah kegagalan cangkok vena

Penemuan ini ditemukan di Universitas Leeds, Inggris. Kalajengking memiliki racun yang disebut margatoxin. Racun ini dapat dimanfaatkan dalam dunia medis terkait transplantasi pembuluh darah. Dengan margatoxin, risiko kegagalan selama proses pencangkokan (transplantasi) dapat dicegah.


#velvetnews #Velvetfnb #velvetlifestyle

#racunkalajengking #kalajengking #jokowi #viral #viralnews #poison


artikel disadur dari today.line.me

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

Copyright © 2020 Velvet. All Right Reserved. Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white