• Adjie

Suka Hidangan Western? Yuk Datang dan Nikmati Kuliner Otentik Itali di Al Gusto Italian Dining & Bar



VelvetMedia.id – Anda penggemar hidangan western? Kalau iya, Anda bisa dapatkan pengalaman menikmati beragam hidangan khas Negara Itali di Al Gusto Italian Dining & Bar.



Al Gusto Italian Dining & Bar berada di JHL Solitaire Hotel yang diresmikan pada Jumat, 6 September 2019. Konsep kasual, minimalis, modern dan “sangat Italy” yang kental akan Anda rasakan saat berada di Al Gusto Italian Dining & Bar. “Sangat Italy” yang dimaksud adalah karena interior restoran ini berasal dari Negara Italy, seperti mebel, jenis kayu dan lainnya. Restoran ini menyajikan beragam pilihan hidangan otentik Italia dengan sentuhan yang modern, serta dilengkapi dengan bar yang menyediakan ragam cocktail mancanegara.



Al Gusto concept is a between restaurant and bar. Al Gusto Italian Dining & Bar bring all interior design from Italy mulai dari jenis kayu, jenis mebel,” kata Gian selaku general manager Al Gusto Italian Dining & Bar.


“Tapi sebetulnya kalo kita bicara tentang Al Gusto secara keseluruhan, Al Gusto ini adalah sebuah restoran Italy yang sebetulnya penggabungan antara beberapa region yang ada di Italy,” tambah Hernowo Goenanto.


Berikut merupakan hidangan chef recommendation di Al Gusto Italian Dining & Bar yang berhasil velvetmedia.id rangkum.


1. Pizza Neapolitan dan Margherita



Restoran yang terletak di JHL Solitaire Hotel, Gading Serpong, Tangerang ini punya menu makanan chef recommendation, yaitu Pizza Neopolitan dan Pizza Margherita. Kedua jenis Pizza ini menjadi menu andalan di restoran, karena pihak restoran mengklaim rasa otentik Negara Itali akan kita dapatkan saat menyantap Pizza tersebut. Rasa otentik Itali dari Pizza tersebut berasal dari bahan-bahan makanannya yang langsung didatangkan dari Italy.


“Kita bikin Pizza Neapolitan from Itali, from Naples actually. Original story from Naples is the Queen of Italy asking something special untuk dia. Terus dari semua tempat dari Italy coba bikin sesuatu, tetapi orang dari Naples bikin Pizza kombinasi ingredients from Italy seperti tomato, mozzarella cheese, tepung, basil, dan bikin warna flag Italy, yaitu green, merah dan putih untuk Queen of Italy, namanya Margherita sekitar tahun 1800-an kalo gasalah. Dari sinilah nama Pizza Margherita berasal,” jelas Gian selaku general manager Al Gusto Italian Dining & Bar saat ditemui velvetmedia.id Kamis, 31 Oktober 2019 di Al Gusto Italian Dining & Bar.


“Jadi sebetulnya kalo kita bicara mengenai Pizza kita nih, kita punya ciri khas sendiri dibandingkan Pizza yang lain ya, kita gak thin cuts Pizza kita juga nggak yang thickest Pizza, bukan yang tipis dan yang tebal, tapi kita punya Pizza khas Napoletana,” tambah Hernowo Goenanto selaku Executive Chef Al Gusto Italian Dining & Bar.



Selanjutnya, Hernowo Goenanto menjelaskan lebih dalam mengenai Pizza Neapolitan dan Margherita seperti berikut.


“Jadi pembuatannya pun berbeda dengan Pizza-Pizza pada umumnya yang biasanya mereka pake rolling pin ya. Kalo kita betul-betul gak boleh pake rolling pin, kita betul-betul membuat adonannya itu bulat atau tidak begitu bulat tapi betul-betul adonannya itu tidak ditekan sehingga pada saat dimakan tuh masih ada rongga yang lunak didalamnya. Nah kalo untuk ingredientsnya sih sebetulnya pada dasarnya sama seperti Pizza pada umumnya ada tomato sauce, mozzarella cheese, kemudian topping-nya ada sesuai dengan namanya. Yang Margaretha ya cuma pakai tomat, cheese ada tambahan sedikit paprika dan segala macem,” pungkasnya.


2. Calzone


Hidangan khas Italy selanjutnya yang merupakan menu chef recommendation di Al Gusto Italian Dining & Bar, yaitu Calzone. Jadi, sebenarnya Calzone merupakan Pizza juga, namun penyajiannya saja yang berbeda. Hidangan ini biasa disebut Pizza tutup atau ditutup.


“Satunya ada Calzone, sebetulnya ini adalah Pizza yang ditutup atau Pizza tutup. Jadi, setelah dibuat adonan seperti layaknya adonan Pizza kemudian diisi di bagian dalamnya, terus di atasnya dikasih topping lagi kemudian dipanggang. Nah, khusus Calzone ini memang kenikmatan memakan Pizza ini adalah memang bagian dalamnya dan bagian dalamnya itu juga menentukan apa nama Calzonenya ya,” jelas Hernowo Goenanto.


3. Gnocchi With Gorgonzola Sauce



Gnocchi merupakan makanan khas Italy lainnya yang menjadi menu andalan di Al Gusto Italian Dining & Bar. Makanan ini terbuat dari kentang yang dipadukan dengan saus gorgonzola. Saus gorgonzola merupakan saus olahan dari jenis keju blue cheese khas Italy.


“Jadi, kalo bicara mengenai gimana si ke-khas-annya Al Gusto sendiri banyak sekali yang didapat disana. Aneka pastanya, aneka risottonya, risotto dan ada lagi namanya Gnocchi. Gnocchi adalah pasta terbuat dari kentang itu yang favorit adalah Gnocchi dengan saus pesto dan saus gorgonzola. Gorgonzola adalah salah satu jenis keju terkenal di Italy yang masuk kategori blue cheese yang memang aroma dan rasanya betul-betul kuat sebagai keju yang berasal dari sana. Kemudian untuk item-item yang lain seperti pasta, ada pasta dengan lobster, ada pasta dengan cream sauce dan lainnya,” kata Hernowo Goenanto.


4. Fiorentine Beef Steak



Bicara mengenai makanan western, hidangan steak tentu lekat dengannya. Nah, di Al Gusto Italian Dining & Bar juga ada loh jenis steak yang merupakan menu andalan di sana, namanya Fiorentine Beef Steak. Chef Hernowo Goenanto kemudian menjelaskan lebih lanjut mengenai makanan tersebut, sebagai berikut.


“Ada satu sebetulnya yang jadi andalan kita di sini, yang namanya fiorentine beef steak. Ini adalah T-bone dengan berat satu kilogram, ya besar sekali dan memang tidak bisa disantap sendirian ya, biasanya satu keluarga, berempat atau berlima. Mereka menyantap hidangan ini lengkap dengan kentang, asparagus, dengan tomato sauce, mushroom, itu enak sekali dan itu juga yang menjadi favorit di sini,” jelas Hernowo Goenanto.



Di Al Gusto Italian Dining & Bar, selain Anda dapat menikmati hidangan khas Italy, iringan musik dari acoustic band dan DJ juga bisa Anda dapatkan disana during weekdays. Nah, jika kalian ke Al Gusto saat sabtu dan minggu atau weekend, bakalan ada brunch dan barbeque time juga loh.



“Kita setiap sabtu ada live music band, nanti kita ada brunch di minggu dan barbeque juga. Kita juga ada DJ dan acoustic band during the weekdays. So, ada tiga kali per-minggu, ada live music performances dan DJ,” jelas Gian.


“Harga yang ditawarkan tidak semahal dengan restoran hotel bintang lima lainnya, kalo boleh dibilang harganya mulai dari delapan puluh ribu itu sudah bisa makan di sini, kalo minumannya kurang lebih sama di tempat lain. Ada cocktail, ada mocktail harganya pun tidak jauh beda dengan tempat lain, “ kata Hernowo Goenanto.



Al Gusto Italian Dining & Bar berada di hotel bintang lima, namun harga makanan dan minuman di sana tidak semahal restoran bintang lima lainnya. Anda dapat menyantap makanan Itali mulai dari delapan puluh ribu saja, sedangkan untuk minumannya, Anda hanya perlu mengeluarkan lebih kurang lima puluh ribu rupiah saja. Cukup affordable bukan? Mengingat Al Gusto Italian Dining & Bar merupakan restoran kelas bintang lima.


#VelvetMedia #VelvetNews #VelvetFoodies #Foodies #Foods #Food #Restaurant #AlGustoItalianDiningAndBar #ItalianRestaurant #Italian #Italy #Bar #Dining #JHLSolitaire #Hotel #Pizza #Margherita #PizzaMargherita #Neapolitan #PizzaNeapolitan #Calzone #Gnocchi #Gorgonzola #Cheese #BlueCheese #FiorentineBeefSteak #Beef #Steak #BeefSteak

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

Copyright © 2020 Velvet. All Right Reserved. Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white