• adip

Tips menggunakan toilet umum


Untuk kalian yang suka hangout, pasti kalian beberapa kali menggunakan toilet umum kan? Akan tetapi apakah kalian yakin toilet umum kalian bersih? Kami memiliki tips bagaimana cara menggunakan toilet umum dengan aman dan nyaman


1. Hindari kenop pintu

Cobalah untuk membuka atau menutup pintu dengan memegang permukaan lain dari pintu, selain kenop pintu. Sebab, semua orang yang mengunjungi toilet umum pasti memegang kenop pintu yang sama dan tentu membawa berbagai jenis bakteri.


2. Hindari penggunaan toilet tengah

Peneliti menunjukkan bahwa sebaiknya Anda menghindari toilet yang berada di tengah-tengah. Karena orang-orang pun akan berpikir sama dengan Anda, sehingga mereka akan memilih toilet yang berada di tengah-tengah juga, atau dari segi psikologis hal ini disebut dengan 'centrality preferrence'.


3. Bersihkan dudukan toilet sebelum digunakan

Sebagian besar orang takut menggunakan toilet duduk yang ada di tempat umum lantaran dianggap bisa menularkan penyakit menular seksual atau PMS. Padahal tidak demikian. Meski kemungkinannya rendah, tapi bisa saja terjadi bila Anda tidak membersihkan dudukan atas toilet terlebih dahulu.


Sebab bagaimana pun, toilet umum memiliki potensial lebih tinggi mengandung kuman gastrointestinal seperti E.coli yang diketahui bisa menyebabkan diare serta gangguan perut. Kuman lainnya yang harus Anda perhatikan adalah virus norovirus.


Sama seperti E.coli, norovirus menginfeksi perut dan bisa menempel di kursi toilet selama dua minggu. Dengan demikian, para ahli menyarankan membawa sanitizer atau tisu basah saat Anda hendak menggunakan toilet umum.


4. Tutup kloset saat menyiram

Tutup kloset sebelum menekan flush supaya kuman tidak menyebar ke udara dan mengenai Anda. Jika tidak ada penutup, jauhi kloset saat melakukan flush atau menyiram air.


5. Selalu cuci tangan

Selesai menggunakan toilet, jangan lupa mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Keringkan tangan dengan menggunakan tisu setelah mencuci tangan dan hindari menggunakan pengering otomatis. Pasalnya menggunakan pengering tangan berisiko perpindahan kuman melalui udara.


#VelvetNews #VelvetHealth


Artikel disadur dari detik.com



About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white