Apa Itu Jenis Serangan Trojan Horse Pada Komputer?


Bagi kamu yang setiap harinya sering mendownload musik / video dari situs yang tidak jelas (bajakan), hati-hati terhadap serangan yang satu ini. Pasti sangat stress apabila komputer tiba-tiba mengalami error dan kamu tidak tahu apa penyebabnya. Dari sekian banyak serangan-serangan, kali ini kita membahas salah satu serangan yang menjengkelkan terhadap komputer kita yang bisa berada di dalam file musik, video, atau lainnya yaitu Trojan Horse.


Sangat sulit bagi pengguna komputer untuk mendeteksi dan menghindari semua kemungkinan serangan pada komputer. Selama komputer terhubung ke internet, selalu terdapat kemungkinan menjadi target serangan online seperti worm, virus, atau Trojan horse. Mengetahui apa itu Trojan horse akan membantu menjaga komputer Anda terhindar dari infeksi.


Sejarah Trojan Horse Trojan horse merupakan patung kuda kayu besar yang diberikan sebagai hadiah kepada kota Troya oleh orang Yunani. Di dalam patung tersebut bersembunyi tentara Yunani yang kemudian mengalahkan pasukan Troya setelah patung kuda tersebut dibawa masuk melewati gerbang kota.


Dalam istilah komputasi, Trojan horse mengacu pada program berbahaya yang muncul menyamar sebagai sesuatu yang tidak berbahaya, seperti file musik atau video. Serangan Trojan Horse Serangan Trojan horse dapat dirancang untuk mencapai berbagai tujuan, tetapi biasanya merupakan tujuan jahat seperti mencuri data atau menyebar kekacauan.


Akibat paling sering dari serangan Trojan horse adalah melambatnya komputer atau turunnya kecepatan koneksi internet Anda. Perlindungan terhadap Serangan Kewaspadaan adalah kunci menghindari infeksi. Untuk mencegah serangan Trojan horse, anda tidak boleh men-download file apapun kecuali berasal dari sumber-sumber terpercaya, atau bisa juga dengan menginstall software anti virus yang berbayar atau professional. Trojan horse dapat menyamar sebagai semua jenis file, tetapi harus diaktifkan untuk menyebabkan kerusakan pada komputer. Ekstensi file Trojan umumnya berbentuk seperti .exe, .vbs, .com, atau .bat.


Kadang kala, ketika kita ingin mendownload sesuatu dari web tertentu, banyak sekali pop-up yang sangat menganggu dan secara tidak sengaja ketika kita me-klik, tiba-tiba langsung mendownload sesuatu yang tidak jelas. Jangan sekali-kali anda membuka file tersebut, langsung delete selamanya dan buang jauh-jauh. Kasus lain adalah apabila kita sedang mendownload sebuah lagu, contoh nama lagu adalah "RaiseYourHandsUp.mp3" hati-hati apabila ternyata ketika kita tidak melihat dengan jeli, kita mendownload dan membuka file "RaiseYourHandsUp.exe".


Selalu periksa ekstensi file sebelum membuka file apapun dan jangan pernah membuka file atau mengklik link secara acak.


#VelvetNews #VelvetTechnology

#trojanhorse #trojanhosevirus #computervirus #worm #stress #stressed #stressedout #komputer #software


Artikel disadur dari course-net.com

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white