Waspada Caller ID Spoofing


Guys, kalian perlu berhati – hati dengan kenakalan oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang sedang terjadi belakangan ini.


Berikut salah satu contoh kasusnya :


Pak A baru saja menerima telepon dari no +621500888. Orang tersebut mengaku sebagai salah satu pekerja dari Bank ternama dan mengatakan bahwa terdapat transaksi mencurigakan karena bertransaksi online dengan nominal yang sama (1 juta rupiah) selama 5 kali berturut-turut. Kemudian, Pak A menjelaskan bahwa Ia tidak melakukan transaksi tersebut. “Baik, saya bantu untuk dibatalkan ya Pak maka kita blokir saja kartu Bapak supaya tidak terposting di tagihan Bapak.” Begitulah respon petugas gadungan tersebut. Lalu Petugas itu menyebutkan nomor kartu Pak A dan Ia bilang VISA padahal kartu Pak A adalah Master Card. Kemudian, Pak A menanyakan apakah orang ini dari Bank “ternama” beneran. Petugas itu langsung menjawab “Nama saya Arka, saya bantu blokir kartu Bapak ya Pak, sebelumnya saya klarifikasi data ya Pak.” 


Pak A tidak mau memberikan datanya dan kemudian menutup sambungan teleponnya dan langsung menghubungi nomor Customer  Service Bank resminya dan mengklarifikasi semuanya., ternyata hal tadi adalah penipuan. Pihak resmi Bank tersebut menyatakan bahwa sudah banyak sekali laporan mengenai nomor telepon tadi.



Setelah beberapa kasus sebelumnya seperti mama minta pulsa, menang undian, kecelakaan, bayar jasa, butuh dana segar, hingga judi online. Kini kejahatan makin berani menggunakan teknologi yang tersedia. Padahal teknologi diinovasikan untuk lebih mendukung kemajuan semua bidang dan bukan untuk dimanfaatkan sebagai alat tindak kriminal.


#VelvetNews #VelvetTechnology

#fakecall #callerid #nocallerid #penipuan

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

Copyright © 2020 Velvet. All Right Reserved. Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white