• Adjie

Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Tangerang: Komunitas Solid Capai Satu Dekade



VelvetMedia.id – Komunitas merupakan wadah sekumpulan orang dalam mengekspresikan hobi yang sama. Seperti komunitas motor Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Tangerang yang selalu menjaga eksistensi mereka agar tetap solid, aktif dan bertahan hingga sekarang.


Berkumpul bersama atau kopdar tentu rutin dilakukan oleh komunitas YVCI chapter Tangerang tersebut. Kegiatan tersebut dilakukan guna mempererat silaturahmi antar anggota.


Selain kopdar, tentu saja ada hal lain yang membuat komunitas YVCI chapter Tangerang ini tetap eksis sampai sekarang. Berikut VelvetMedia rangkum mengenai komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Tangerang yang bisa terus aktif selama satu dekade.


1. Terbentuknya Komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Tangerang



Komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Tangerang terbentuk pada tanggal 29 Maret 2009. Mulanya ada sebelas orang dengan hobi sama dalam bidang motor, khususnya Yamaha Vixion yang berkumpul. Kemudian terbesit dalam obrolan mereka umtuk membentuk suatu komunitas YamahaVixion Club Indonesia untuk wilayah domisili Tangerang. Kemudian berkembang dengan mailing list atau daftar melalui email, karena tahun 2009-an masih jaman menggunkaan email.


“Waktu itu ada sebelas orang pendirinya saat di bintaro, jadi mereka bertemu karena sesama pengguna vixion ajah, pertama kali kopdar di daerah bintaro dan pertama kali kita berdiri ya di daerah bintaro itu,” ujar Angga selaku ketua komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Tangerang saat ditemui VelvetMedia pada Sabtu, 26 Oktobeer 2019 di Jalan Satria Sudirman, Kota Tangerang.


2. Mengadakan Event Rutin Mingguan, Bulanan dan Tahunan



Menjaga komunitas untuk tetap eksis, solid dan bertahan hingga usia satu dekade bukanlah hal mudah. Komunitas Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Tangerang mengadakan event rutin baik mingguan, bulanan, sampai tahunan.


Event mingguan yang dilakukan komunitas ini adalah kopdar atau berkumpul bersama, saling sharing dan mempererat silaturahmi. Untuk saat inim komunitas tersebut rutin mengadakan kopdar setia hari sabtu mulai sekitar pukul sembilan malam.


“Kita ngadain tiap sabtu malam minggu jam sembilan malam, karena anggota kami rata-rata sudah bekerja dan memiliki anak dan istri, nah kalau malem jam segitu kan udh pulang kerja dan anak istri juga udah istirahat,” jelas Al salah satu anggota komunitas saat ditemui VelvetMedia pada Sabtu, 26 Oktobeer 2019 di Jalan Satria Sudirman, Kota Tangerang.



Selain event mingguan, komunitas ini juga mengadakan event bulanan. Salah satunya family gathering. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan anggota komunitas, melainkan keluarga dari masing-masing anggota tersebut, mulai dari istri, anak dan lainnya jg ikut dalam event tersebut. Family gathering ini dilakukan tiap enam bulan sekali dan event family gathering mendatang yang diadakan komunitas YVCI chapter Tangerang ini yaitu tanggal 16-17 November 2019.


Setelah family gathering, event yang diadakan per-enam bulan sekali lainnya, yakni touring wajib. Acara ini diikuti oleh anggota komunitasa dan konsepnya adalah mengenalkan kekayaan objek wisata Indonesia. Jadi, anggota komunitas melakukan touring ke daerah-daerah Indonesia, contohnya Lampung. Mereka akan menuju tempat wisata di Lampung dan men-share kegiatannya di sosial media agar objek wisata tersebut dapat diketahui lebih banyak orang.



Berallih ke event tahunan, komunitas YVCI chapter Tangerang ini melakukan bakti sosial setiap bulan ramadhan. Acara tersebut dilakukan dengan tujuan berbagi ke sesame umat, terutama umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa tersebut. Kegiatan bakti sosial tersebut diadakan tiap minggu kedua bulan suci ramadhan dengan rangkaian acara: memberikan makan dan minum untuk sahur (Sahur On The Road), memberikan takjil dan memberikan hidangan berbuka puasa bagi mereka yang membutuhkan.



Selain bakti sosial, komunitas YVCI chapter Indonesia juga mengadakan event tahunan lainnya, yaitu perayaan anniversary mereka yang jatuh setiap tanggal 29 Maret 2019. Untuk tahun ke-10nya, komunitas ini merayakan hari jadinya tidak pada bulan Maret melainkan bulan Juli 2019. Hal itu dikarenakan bentrok dengan bulan pemilu atau politik, jadi Indonesia harus steril dari kegiatan selain pemilu dan politik.


Sampai saat ini jumlah anggota komunitas YVCI chapter Tangerang ini sudah mencapai 167 orang. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini atau sekedar ingin tahu kegiatan atau acara apa saja yang telah dilakukan komunitas ini bisa cek sosial media mereka di bawah ini ya.


#VelvetMedia #VelvetNews #Community #Komunitas #Yamaha #Vixion #Club #Indonesia #YamahaVixionClubIndonesia #Motor #MotorCycle #Riding #SafetyRiding #Tangerang #Touring #FamilyGathering #Kopdar #Anniversary #YVCI #Chapter #Tangerang


Facebook: Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Tangerang

Instagram: @yvctangerang

About Us | Privacy Policy | Term and Conditions | FAQ | Partnership

Copyright © 2020 Velvet. All Right Reserved. Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • instagram_logo_white